basmalah Pictures, Images and Photos
Syahidnya Yahya Sinwar dan Bangganya Rakyat Palestina - Our Islamic Story

Choose your Language

Syahidnya Yahya Sinwar dan Bangganya Rakyat Palestina https://youtu.be/Z_SuUikGYlw?si=LJA0Xh5k190inHEC     REPUBLIKA.CO.ID, Pasu...

Syahidnya Yahya Sinwar dan Bangganya Rakyat Palestina

Syahidnya Yahya Sinwar dan Bangganya Rakyat Palestina

https://youtu.be/Z_SuUikGYlw?si=LJA0Xh5k190inHEC

   
REPUBLIKA.CO.ID, Pasukan penjajahan Israel mengira, melansir video syahidnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar akan menjatuhkan semangat perlawanan bangsa Palestina. Sebaliknya, video tersebut kini abadi di benak rakyat di Gaza dan Tepi Barat sebagai kebanggan dan contoh kepahlawanan nyata.

Bagi warga Gaza, kematian Yahya Sinwar dalam pertempuran saat mencoba memukul mundur drone dengan tongkat yang menggambarkan “bagaimana para pahlawan gugur.” Bagi yang lain, ini adalah contoh bagi generasi mendatang bahkan ketika warga Gaza masih menderita akibat dampak yang memilukan agresi brutal Israel setahun terakhir.

Sinwar, yang dituding sebagai arsitek serangan pejuang Palestina pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel, syahid pada Rabu (16/10/20255) oleh pasukan Israel setelah perburuan selama setahun, dan kematian diumumkan pada Kamis. Sebuah video yang menunjukkan menit-menit terakhirnya, menunjukkan wajahnya berbalut keffiyeh, kain perlawanan bangsa Palestina, terluka di sebuah apartemen yang hancur saat mencoba melemparkan tongkat ke drone yang merekamnya, menginspirasi kebanggaan di kalangan warga Palestina.

“Dia mati sebagai pahlawan, menyerang tanpa diri, memegang senapannya, dan melawan tentara penjajah di garis depan,” demikian pernyataan Hamas yang berduka atas kematian Sinwar. Dalam pernyataannya, kematian Hamas hanya akan memperkuat kelompok perlawanan tersebut, dan menambahkan bahwa mereka tidak akan berkompromi dengan syarat-syarat untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Israel.

“Dia syahid dengan mengenakan rompi militer, menembakkan senapan dan granat, dan ketika dia terluka dan berdarah dia bertarung dengan tongkat. Beginilah cara para pahlawan mati,” kata Adel Rajab, 60, ayah dua anak di Gaza. “Saya sudah menonton videonya 30 kali sejak tadi malam, tidak ada cara yang lebih baik untuk mati,” kata Ali, seorang sopir taksi berusia 30 tahun di Gaza. “Video ini akan saya jadikan tontonan sehari-hari demi anak-anak saya, dan cucu-cucu saya kelak,” kata ayah dua anak ini.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel, Sinwar bersama dua pejuang lainnya ketika mereka terlihat pada Rabu malam di lingkungan Tel Sultan di Rafah oleh pasukan Israel, yang menembaki ketiganya dan melukai mereka. Dua orang menuju ke satu gedung, dan yang ketiga, yang kemudian diketahui adalah Sinwar, pergi ke gedung lain, kata militer Israel. Tank IDF dan pasukan lainnya kemudian melepaskan tembakan ke kedua bangunan tersebut. 

Sinwar lalu naik ke lantai dua. Sebuah tank menembakkan peluru lagi ke gedung itu, dan satu peleton infanteri bergerak untuk menggeledahnya. Sinwar melemparkan dua granat, salah satunya meledak. Para prajurit mundur, dan sebuah drone terbang untuk menggeledah ruangan. 

Drone itu menemukan seorang pria dengan lengan terluka dan wajahnya berselimut keffiyeh. Dengan kekuatan penghabisan, ia melemparkan tongkat kayu ke arah drone tersebut. Kematiannya terjadi setahun setelah serangan tanggal 7 Oktober di Israel selatan. Balasan brutal Israel kemudian menghancurkan Gaza, menewaskan lebih dari 42.000 warga Palestina, kebanyakan anak-anak dan perempuan.


Warga Palestina kini menganggap video yang dilansirnya saat-saat terakhir Yahya Sinwar adalah kesalahan besar yang dilakukan Israel. Video tersebut kini akan menjadi alat yang ampuh untuk merekrut pejuang-pejuang baru Palestina.

“Mereka (tantara Israel) bilang dia (Sinwar) bersembunyi di dalam terowongan. Mereka mengatakan dia memegang sandera Israel di dekatnya untuk menyelamatkan nyawanya. Tapi kemarin kami melihat dia sedang berburu tentara Israel di Rafah, tempat pendudukan telah beroperasi sejak Mei,” kata Rasha, seorang ibu empat anak, pengungsi berusia 42 tahun. 

IDF baru-baru ini mengeklaim menemukan DNA Sinwar beberapa minggu lalu di terowongan Rafah di dekat enam sandera yang dihilangkan. Belakangan terungkap juga bahwa DNA itu didapat dari terowongan yang berbeda, berjarak ratusan meter dari para sandera. Tidak dijabarkan pula kapan Sinwar ada di sana. Artinya, bukti-bukti sejauh ini menunjukkan Sinwar tak pernah berlindung di balik para sandera dan tak pernah berada di dekat tenda-tenda pengungsian atau fasilitas umum.

“Mulailah cara para pemimpin bertindak, dengan senapan di tangan. Saya mendukung Sinwar sebagai pemimpin dan hari ini saya bangga dia sebagai seorang syuhada,” tambah Rasha. 

Sebuah pendapat jajak pada bulan September menunjukkan sebagian besar warga Gaza menganggap serangan 7 Oktober adalah keputusan yang salah dan semakin banyak warga Palestina yang memahami kesediaan Sinwar untuk melancarkan perang yang telah menyebabkan banyak penderitaan bagi mereka. Rajab, yang memuji kematian Sinwar sebagai sesuatu yang heroik, mengatakan dia tidak mendukung serangan 7 Oktober, karena percaya bahwa Palestina tidak siap untuk perang habis-habisan dengan Israel. Namun dia mengatakan cara kematian Sinwar “membuat saya bangga sebagai orang Palestina.”

Baik di Gaza maupun Tepi Barat, di mana Hamas juga mendapat dukungan signifikan dan pertempuran antara pasukan Israel dan kelompok pejuang Palestina meningkat selama setahun terakhir, masyarakat meyakini syahidnya Sinwar tak akan menyudahi perlawanan. 

Dan di Ramallah, Murad Omar, 54, mengatakan tidak banyak perubahan yang akan terjadi di lapangan. “Perang akan terus berlanjut dan sepertinya tidak akan segera berakhir,” ujarnya.

Di Hebron, kota yang menjadi titik konflik di Tepi Barat, Ala'a Hashalmoon mengatakan membunuh Sinwar tidak berarti membunuh perlawanan. “Yang saya tahu, siapa pun yang meninggal, pasti ada yang menggantikannya (yang) lebih gigih,” ujarnya. 

Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang dipimpin oleh Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan dipandang secara internasional sebagai perwakilan sah rakyat Palestina, menyatakan belasungkawa pada hari Jumat atas syahidnya Yahya Sinwar. Ia menyebut Sinwar sebagai “pemimpin nasional yang hebat” dan mendesak Palestina menuju kesatuan nasional.

Beberapa faksi konstituen PLO juga menyampaikan belasungkawa atas kematian pemimpin Hamas tersebut, termasuk partai sekuler Fatah pimpinan Abbas, yang mengatakan “pembunuhan dan terorisme yang dilakukan Israel tidak akan berhasil mematahkan tekad rakyat kami.”


Di antara ucapan belasungkawa yang dikutip oleh WAFA, kantor berita resmi Otoritas Palestina, adalah pesan dari Inisiatif Nasional Palestina dan Uni Demokratik Palestina, anggota sayap kiri PLO yang, seperti Fatah telah menyatakan persetujuannya terhadap perjuangan bersenjata melawan Israel.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengadakan pembicaraan pada hari Jumat dengan perwakilan Hamas dan menyatakan belasungkawa atas kematian Sinwar, kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan tersebut, Fidan mengatakan bahwa Turki akan “menggunakan semua cara diplomatik untuk memobilisasi komunitas internasional melawan bencana kemanusiaan di Gaza,” kata menteri tersebut.

Hubungan Turki dengan Israel memburuk secara signifikan di bawah pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang berulang kali menyatakan dukungan untuk Hamas dan menjadi tuan rumah bagi perwakilan Hamas di Turki sejak serangan 7 Oktober 2023, sambil memperkuat Israel dengan Nazi Jerman.

Misi Iran untuk PBB mengatakan, momen kematian Yahya Sinwar akan memperkuat “semangat perlawanan”. “Ketika pasukan AS menyeret Saddam Hussein yang berantakan keluar dari lubang bawah tanah, dia memohon kepada mereka untuk tidak membunuhnya meskipun dia menggunakan senjata. Mereka yang menganggap Saddam sebagai model perlawanan akhirnya runtuh.

Ketika umat Islam memandang Syuhada Sinwar yang berdiri di medan perang – dengan pakaian tempur dan di tempat terbuka, bukan di tempat persembunyian, menghadapi musuh – semangat perlawanan akan diperkuat.

Beliau akan menjadi teladan bagi generasi muda dan anak-anak yang akan meneruskan pembelajaran menuju pendanaan Palestina. Selama pendudukan dan agresi masih ada, perlawanan akan terus berlangsung, karena para martir tetap hidup dan menjadi sumber inspirasi.”

 Republika

0 komentar:

Cari Artikel Ketik Lalu Enter

Artikel Lainnya

Indeks Artikel

!qNusantar3 (1) 1+6!zzSirah Ulama (1) Abdullah bin Nuh (1) Abu Bakar (3) Abu Hasan Asy Syadzali (2) Abu Hasan Asy Syadzali Saat Mesir Dikepung (1) Aceh (6) Adnan Menderes (2) Adu domba Yahudi (1) adzan (1) Agama (1) Agribisnis (1) Ahli Epidemiologi (1) Air hujan (1) Akhir Zaman (1) Al-Qur'an (243) alam (3) Alamiah Kedokteran (1) Ali bin Abi Thalib (1) Andalusia (1) Angka Binner (1) Angka dalam Al-Qur'an (1) Aqidah (1) Ar Narini (2) As Sinkili (2) Asbabulnuzul (1) Ashabul Kahfi (1) Aurangzeb alamgir (1) Bahasa Arab (1) Bani Israel (1) Banjar (1) Banten (1) Barat (1) Belanja (1) Berkah Musyawarah (1) Bermimpi Rasulullah saw (1) Bertanya (1) Bima (1) Biografi (1) BJ Habibie (1) budak jadi pemimpin (1) Buku Hamka (1) busana (1) Buya Hamka (53) Cerita kegagalan (1) Cina Islam (1) cinta (1) Covid 19 (1) Curhat doa (1) Dajjal (1) Dasar Kesehatan (1) Deli Serdang (1) Demak (3) Demam Tubuh (1) Demografi Umat Islam (1) Detik (1) Diktator (1) Diponegoro (2) Dirham (1) Doa (1) doa mendesain masa depan (1) doa wali Allah (1) dukun (1) Dunia Islam (1) Duplikasi Kebrilianan (1) energi kekuatan (1) Energi Takwa (1) Episentrum Perlawanan (1) filsafat (3) filsafat Islam (1) Filsafat Sejarah (1) Fir'aun (2) Firasat (1) Firaun (1) Gamal Abdul Naser (1) Gelombang dakwah (1) Gladiator (1) Gowa (1) grand desain tanah (1) Gua Secang (1) Haji (1) Haman (1) Hamka (3) Hasan Al Banna (7) Heraklius (4) Hidup Mudah (1) Hikayat (3) Hikayat Perang Sabil (2) https://www.literaturislam.com/ (1) Hukum Akhirat (1) hukum kesulitan (1) Hukum Pasti (1) Hukuman Allah (1) Ibadah obat (1) Ibnu Hajar Asqalani (1) Ibnu Khaldun (1) Ibnu Sina (1) Ibrahim (1) Ibrahim bin Adham (1) ide menulis (1) Ikhwanul Muslimin (1) ilmu (2) Ilmu Laduni (3) Ilmu Sejarah (1) Ilmu Sosial (1) Imam Al-Ghazali (2) imam Ghazali (1) Instropeksi diri (1) interpretasi sejarah (1) ISLAM (2) Islam Cina (1) Islam dalam Bahaya (2) Islam di India (1) Islam Nusantara (1) Islampobia (1) Istana Al-Hambra (1) Istana Penguasa (1) Istiqamah (1) Jalan Hidup (1) Jamuran (1) Jebakan Istana (1) Jendral Mc Arthu (1) Jibril (1) jihad (1) Jiwa Berkecamuk (1) Jiwa Mujahid (1) Jogyakarta (1) jordania (1) jurriyah Rasulullah (1) Kabinet Abu Bakar (1) Kajian (1) kambing (1) Karamah (1) Karya Besar (1) Karya Fenomenal (1) Kebebasan beragama (1) Kebohongan Pejabat (1) Kebohongan Yahudi (1) Kecerdasan (230) Kecerdasan Finansial (4) Kecerdasan Laduni (1) Kedok Keshalehan (1) Kejayaan Islam (1) Kejayaan Umat Islam (1) Kekalahan Intelektual (1) Kekhalifahan Islam (2) Kekhalifahan Turki Utsmani (1) Keluar Krisis (1) Kemiskinan Diri (1) Kepemimpinan (1) kerajaan Islam (1) kerajaan Islam di India (1) Kerajaan Sriwijaya (2) Kesehatan (1) Kesultanan Aceh (1) Kesultanan Nusantara (1) Ketuhanan Yang Maha Esa (1) Keturunan Rasulullah saw (1) Keunggulan ilmu (1) keunggulan teknologi (1) Kezaliman (2) KH Hasyim Ashari (1) Khaidir (2) Khalifatur Rasyidin (1) Kiamat (1) Kisah (1) Kisah Al Quran (1) kisah Al-Qur'an (1) Kisah Nabi (1) Kisah Nabi dan Rasul (1) Kisah Para Nabi (1) Kisah Para Nabi dan Rasul (368) kisah para nabi dan rasul. Nabi Daud (1) kisah para nabi dan rasul. nabi Musa (2) kitab primbon (1) Koalisi Negara Ulama (1) Krisis Ekonomi (1) Kumis (1) Kumparan (1) Kurikulum Pemimpin (1) Laduni (1) lauhul mahfudz (1) lockdown (1) Logika (1) Luka darah (1) Luka hati (1) madrasah ramadhan (1) Madu dan Susu (1) Majapahi (1) Majapahit (4) Makkah (1) Malaka (1) Mandi (1) Matematika dalam Al-Qur'an (1) Maulana Ishaq (1) Maulana Malik Ibrahi (1) Melihat Wajah Allah (1) Memerdekakan Akal (1) Menaklukkan penguasa (1) Mendidik anak (1) mendidik Hawa Nafsu (1) Mendikbud (1) Menggenggam Dunia (1) menulis (1) Mesir (1) militer (1) militer Islam (1) Mimpi Rasulullah saw (1) Minangkabau (2) Mindset Dongeng (1) Muawiyah bin Abu Sofyan (1) Mufti Johor (1) muhammad al fatih (3) Muhammad bin Maslamah (1) Mukjizat Nabi Ismail (1) Musa (1) muslimah (1) musuh peradaban (1) Nabi Adam (70) Nabi Ayub (1) Nabi Daud (3) Nabi Ibrahim (3) Nabi Isa (2) nabi Isa. nabi ismail (1) Nabi Ismail (1) Nabi Khaidir (1) Nabi Khidir (1) Nabi Musa (27) Nabi Nuh (6) Nabi Sulaiman (2) Nabi Yunus (1) Nabi Yusuf (7) Namrudz (2) NKRI (1) nol (1) Nubuwah Rasulullah (4) Nurudin Zanky (1) Nusa Tenggara (1) Nusantara (210) Nusantara Tanpa Islam (1) obat cinta dunia (2) obat takut mati (1) Olahraga (6) Orang Lain baik (1) Orang tua guru (1) Padjadjaran (2) Palembang (1) Palestina (241) Pancasila (1) Pangeran Diponegoro (3) Pasai (2) Paspampres Rasulullah (1) Pembangun Peradaban (2) Pemecahan masalah (1) Pemerintah rapuh (1) Pemutarbalikan sejarah (1) Pengasingan (1) Pengelolaan Bisnis (1) Pengelolaan Hawa Nafsu (1) Pengobatan (1) pengobatan sederhana (1) Penguasa Adil (1) Penguasa Zalim (1) Penjajah Yahudi (35) Penjajahan Belanda (1) Penjajahan Yahudi (1) Penjara Rotterdam (1) Penyelamatan Sejarah (1) peradaban Islam (1) Perang Aceh (1) Perang Afghanistan (1) Perang Arab Israel (1) Perang Badar (3) Perang Ekonomi (1) Perang Hunain (1) Perang Jawa (1) Perang Khaibar (1) Perang Khandaq (2) Perang Kore (1) Perang mu'tah (1) Perang Paregreg (1) Perang Salib (4) Perang Tabuk (1) Perang Uhud (2) Perdagangan rempah (1) Pergesekan Internal (1) Perguliran Waktu (1) permainan anak (2) Perniagaan (1) Persia (2) Persoalan sulit (1) pertanian modern (1) Pertempuran Rasulullah (1) Pertolongan Allah (3) perut sehat (1) pm Turki (1) POHON SAHABI (1) Portugal (1) Portugis (1) ppkm (1) Prabu Satmata (1) Prilaku Pemimpin (1) prokes (1) puasa (1) pupuk terbaik (1) purnawirawan Islam (1) Qarun (2) Quantum Jiwa (1) Raffles (1) Raja Islam (1) rakyat lapar (1) Rakyat terzalimi (1) Rasulullah (1) Rasulullah SAW (1) Rehat (443) Rekayasa Masa Depan (1) Republika (2) respon alam (1) Revolusi diri (1) Revolusi Sejarah (1) Revolusi Sosial (1) Rindu Rasulullah (1) Romawi (4) Rumah Semut (1) Ruqyah (1) Rustum (1) Saat Dihina (1) sahabat Nabi (1) Sahabat Rasulullah (1) SAHABI (1) satu (1) Sayyidah Musyfiqah (1) Sejarah (2) Sejarah Nabi (1) Sejarah Para Nabi dan Rasul (1) Sejarah Penguasa (1) selat Malaka (2) Seleksi Pejabat (1) Sengketa Hukum (1) Serah Nabawiyah (1) Seruan Jihad (3) shalahuddin al Ayubi (3) shalat (1) Shalat di dalam kuburannya (1) Shalawat Ibrahimiyah (1) Simpel Life (1) Sirah Nabawiyah (182) Sirah Para Nabi dan Rasul (3) Sirah Penguasa (205) Sirah Sahabat (125) Sirah Tabiin (42) Sirah Ulama (136) Siroh Sahabat (1) Sofyan Tsauri (1) Solusi Negara (1) Solusi Praktis (1) Sriwijaya Islam (3) Strategi Demonstrasi (1) Suara Hewan (1) Suara lembut (1) Sudah Nabawiyah (1) Sufi (1) sugesti diri (1) sultan Hamid 2 (1) sultan Islam (1) Sultan Mataram (3) Sultanah Aceh (1) Sunah Rasulullah (2) sunan giri (3) Sunan Gresi (1) Sunan Gunung Jati (1) Sunan Kalijaga (1) Sunan Kudus (2) Sunatullah Kekuasaan (1) Supranatural (1) Surakarta (1) Syariat Islam (18) Syeikh Abdul Qadir Jaelani (2) Syeikh Palimbani (3) Tak Ada Solusi (1) Takdir Umat Islam (1) Takwa (1) Takwa Keadilan (1) Tanda Hari Kiamat (1) Tasawuf (29) teknologi (2) tentang website (1) tentara (1) tentara Islam (1) Ternate (1) Thaharah (1) Thariqah (1) tidur (1) Titik kritis (1) Titik Kritis Kekayaan (1) Tragedi Sejarah (1) Turki (2) Turki Utsmani (2) Ukhuwah (1) Ulama Mekkah (3) Umar bin Abdul Aziz (5) Umar bin Khatab (3) Umar k Abdul Aziz (1) Ummu Salamah (1) Umpetan (1) Utsman bin Affan (2) veteran islam (1) Wabah (1) wafat Rasulullah (1) Waki bin Jarrah (1) Wali Allah (1) wali sanga (1) Walisanga (2) Walisongo (3) Wanita Pilihan (1) Wanita Utama (1) Warung Kelontong (1) Waspadai Ibadah (1) Wudhu (1) Yusuf Al Makasari (1) zaman kerajaan islam (1) Zulkarnain (1)