Tasawuf Al-Ghazali Inspirasi Strategi Dakwah Walisongo
Oleh: Nasrulloh Baksolahar
Menurut Buya Hamka, ulama penyiar Islam yang datang ke tanah Jawa, yang dikenal dengan Walisongo, sebagian besarnya merupakan guru-guru Tasawuf, yang disesuaikan dengan kondisi sosial dan politiknya. Ini teridentifikasi dari panggilannya yaitu Sunan.
Tasawuf yang masuk ke Indonesia, menurut Buya Hamka, sejalan dengan prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah. Khususnya Mazhab Syafii. Dalam sejarah perkembangan tasawuf di Indonesia, pengaruh al-Ghazali-asy-Syafii lebih besar daripada pengaruh al-Hallaj. Lalu, bagaimana dengan tasawufnya Walisongo?
Bila merujuk pada kitab-kitab yang ditulis oleh para Walisongo yaitu Primbon Bonang (Het Boek Van Bonang) karya Sunan Bonang dan Kropak Jawa (Kropak Ferrara) karya Maulana Malik Ibrahim, terlihat jelas bahwa rujukan utama kedua kitab tersebut adalah Ihya Ulumuddin dan Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Juga, Quth Qulub karya Abu Thalib al-Makki yang merupakan guru dari imam Al-Ghazali juga.
Kropak Ferrara karya Maulana Malik Ibrahim, memuat naskah yang judulnya sama dengan risalah Imam al-Ghazali, Bidayat al-Hidayah (Menjelang Hidayah). Tetapi versi Maulana Malik Ibrahim adalah ringkasan dan tak semua yang diajarkan Imam al-Ghazali dikemukakan. Isinya berupa marifat, hakikat manusia, Tuhan, Surga, etika kehidupan dan beragama.
Mengapa rujukan Walisongo cendrung pada tasawufnya Imam Al-Ghazali? Menurut Azyumardi Azra, Imam Al-Ghazali mampu membuat rekonsiliasi hingga memadukan ahl al-syariah (fukaha) dan ahl al-haqiqah (sufi) sekaligus. Menurut Buya Hamka, tasawufnya Al-Ghazali memadukan rasa keindahan dan cinta dengan bimbingan syariat Nabi Muhammad yang tidak boleh berubah-ubah.
Tasawuf Al-Ghazali telah menimbulkan seni yang hidup dalam Islam. Karena seni adalah tiruan dari keindahan, dan sumber keindahan adalah Allah yang terlihat jejak-jejaknya di alam semesta ini. Keindahan ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang bermarifat kepada Allah.
Tasawuf Al-Ghazali memberikan inspirasi luas biasa bagi strategi dakwah Walisongo. Ini tercermin dari sikap Sunan Ampel, Ketua Walisongo, yang mengutamakan senjata bathin yang lebih tajam daripada kekerasan senjata. Saat Sunan Ampel akan wafat seluruh Walisongo dinasehati agar dakwah Walisongo dilakukan dengan sabar, jangan ada paksaan dan jangan ada pertumpahan darah. Oleh sebab itulah, jalur dakwah Walisongo lebih banyak melalui jalur kultural, sedangkan jalur senjata hanya ditujukan kepada para penjajah saja.
Sumber:
Buya Hamka, Sejarah Umat Islam, GIP
Buya Hamka, Perkembangan dan Pemurnian Tasawuf, Penerbit Republika
Rachmad Abdullah, Kerajaan Islam Demak, Wafi Publishing
Azyumardi Azra, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Nusantara Abad ke 17 dan 18, Kencana
0 komentar: