Tulisan Arab Mendominasi Naskah Nusantara Sejak Abad 14
Oleh: Nasrulloh Baksolahar
Bahasa Melayu dengan tulisan Arab, tulisan Jawi, mulai mendominasi di Nusantara sejak abad ke-14 di era Samudera Pasai. Di tanah Jawa dan Sunda pun mulai muncul bahasa Jawa dan Sunda yang ditulis dengan tulisan Arab yang disebut dengan Pegon. Untuk apa saja tulisan Arab digunakan?
Arkeolog Uka Tjandrasasmita menyebutkan peran tulisan Arab dengan bahasa Melayu, Jawa dan Sunda untuk menulis kitab keagamaan yang isinya fikih, syariat, tasawuf atau suluk, teologi, tafsir, ilmu falak dan ragam keilmuan lainnya. Bagi para raja, tulisan Arab menjadi sarana korespondensi dan perjanjian-perjanjian antara kerajaan Islam dengan asing.
Surat Sultan Aceh, Sultan Alaudin Riayat Syah, pada 1602 M kepada Harry Middleton. Surat Sultan Iskandar Muda pada 1615 M kepada Raja James 1. Surat Sultan Ternate pada 1514 dan 1514 kepada Raja Portugal menggunakan surat bertuliskan Arab. Bahkan perjanjian para Sultan di Nusantara dengan VOC Belanda di tulisan dengan tulisan Arab.
Tulisan Arab digunakan juga untuk menulis yang berkaitan dengan karya sastra seperti Babad, Hikayat, Syair, Suluk, dan sastra yang berbentuk kitab. Mulai abad ke-14 di Nusantara segala hal dalam penyampaian perasaan dan buah pikiran dengan tulisan menggunakan tulisan Arab.
Perpustakaan Nasional di Jakarta pada 1972 mencoba membuat Katalog Naskah Melayu Museum Pusat, hasilnya ada 953 nomor. Bila menyebutkan naskah Melayu berarti bertuliskan Arab. Dalam Catalogus des Catalogus de Manuscripts Malais memperkirakan jumlah naskah Melayu di perpustakaan di dunia lebih kurang 4.000 buah naskah. Jumlah naskah ini belum menghitung yang ada di masyarakat yang masih sangat banyak jumlahnya.
Para ahli mengungkapkan bahwa naskah yang bertuliskan Arab tersebar di seluruh Nusantara dari Aceh hingga bagian Timur Nusantara seperti Bima dan Ternate. Tulisan yang dahulunya berbentuk Palawa dan Sangsakerta, di era Hindu-Budha, tiba-tiba tertelan bumi digantikan dengan tulisan Arab.
Banyak Naskah Nusantara yang bertuliskan Arab yang disimpan diberbagai perpustakaan di dunia dan menjadikan tulisan Arab sebagai sarana komunikasi keagamaan Islam, kemasyarakatan, perekonomian, kesenian, kebudayaan, korespondensi, hubungan diplomatik dan sebagainya menjadi bukti bahwa Islamlah yang telah membentuk kebudayaan di Nusantara.
Sumber:
Uka Tjandrasasmita dalam, Arkeologi Islam Nusantara, KPG
Tiar Anwar Bachtiar, Jas Merah, Pro-U Media
0 komentar: