Sikap Harimau Nan Salapan dan Haji Rasul dalam Pembaharuan Islam di Minangkabau
Tiga pemuda Minangkabau baru pulang belajar dan berhaji dari Makkah pada tahun 1802. Yaitu, Haji Miskin, Haji Abdurahman dan Haji Muhammad Arif. Mereka membawa semangat pembaharuan baru untuk menegakkan tauhid dan syariat murni dari Rasulullah saw.
Semuanya mendapatkan perlawanan di tempat tinggalnya masing-masing. Hanya Haji Miskin yang mendapat teman perjuangan yaitu Tuanku Nan Receh dan beberapa daerah lainnya sehingga dari 3 orang menjadi 8 orang. Mereka menyebutnya Harimau nan Salapan.
Mereka membuat rencana untuk menerapkan syariat Islam di setiap Nagari, bila perlu menggunakan senjata. Rencana ini ditunda, lalu disampaikanlah niatnya kepada ulama senior yaitu Tuanku Nan Tuo. Bagaimana sikapnya?
Menurut Tuanku Nan Tuo, pembaharuan di Minangkabau dimulai dari menanamkan pengaruh yang besar pada satu setiap nagari. Apabila seorang ulama seorang ulama pada satu nagari telah besar pengaruhnya, ulama itu dapat memasukkan pengaruhnya ke penghulu, imam khatib, menteri, dan dubalang karena nagari di Minangkabau telah kukuh memegang adat berdasarkan musyawarah mufakat.
Dengan demikian, tidak ada ada pertentangan antara adat dan agama. Lebih baik bekerjasama dengan kaum adat daripada mengadakan pertentangan, karena kalo ada pertentangan orang lain yang akan mendapatkan untung. Apalagi Belanda telah berkuasa di Padang.
Jasa Tuanku Nan Tuo telah banyak berjasa memperkaya adat istiadat Minangkabau dengan Islam. Beliau menyusun tambo alam Minangkabau dengan dasar Islam. Hukum Islam pun telah banyak dijadikan hukum adat. Pekerjaan ini yang harus diteruskan. Namun nasihat ini tidak digubris oleh Harimau nan Salapan.
----------------
Seratus tahun kemudian, pada 1905 M, Haji Abdul Karim atau Haji Rasul pulang dari Makkah setelah berhaji dan belajar pada Syeikh Ahmad Khatib Minangkabaui. Sang guru membekali kitab Izhharu Zughalil Kazhibin yang memuat beberapa praktek tarekat Naqsyabandiah yang bertentangan dengan syariat seperti merabithahkan guru, berpantang daging dan sebagainya.
Haji Rasul harus menghadapi orang tuanya sendiri, Tuanku Syeikh Kisai seorang Syeikh dari Tarekat Naqsyabandiah. Haji Rasul sangat berpegang teguh pada paham gurunya, namun beliau pun sangat sayang, takut, cinta dan segan pada ayahnya. Sebab itu saat awal kepulangannya, dia tidak banyak menyinggung soal tarekat di kampungnya sendiri.
Haji Rasul masih belum menyatakan pandangannya tentang thariqah Naqsyabandiah yang telah menjadi pakaian hampir seluruh ulama di Minangkabau. Padahal polemiknya terus memuncak. Hingga pada 1906 M terjadi pertemuan ulama di Pasar Raba Padang Panjang yang membahas tentang thariqah Naqsyabandiah.
Haji Rasul berpegang teguh pada paham gurunya hingga perdebatan tak bisa dihindari. Akhirnya muncul pengelompokan ulama tua dan muda. Bagaimana sikap Haji Rasul terhadap ayahnya?
Sikap Haji Rasul tetap tak berubah. Demikian pula sikap ayahnya sang Syeikh Naqsyabandiah. Banyak pengikut Naqsyabandiah yang mengadukan persoalan ini kepada ayahnya tentang sikap anaknya, Haji Rasul, yang menentang thariqah Naqsyabandiah. Namun sang ayah selalu mendinginkan masalah tersebut. Sang ayah tidak mau terjadi pertentangan dengan anaknya. Dijaga pula hati murid-muridnya.
Setelah peristiwa perkumpulan ulama di Padang Panjang, banyak yang datang ke Haji Rasul untuk belajar. Akhirnya ayah dan anak sama mengajar tentang pandangannya masing-masing di surau yang berbeda.
Setelah sang ayah wafat, Syeikh Muhammad Amrullah 1907 M, barulah Haji Rasul secara terbuka melakukan pembaharuan di Minangkabau.
----------------
Harimau nan Salapan melakukan pembaharuan. Haji Rasul melakukan pembaharuan di tempat yang sama namun dengan strategi yang berbeda.
Sumber:
https://www.google.com/amp/s/katasumbar.com/tuanku-nan-tuo-guru-dari-pejuang-pejuang-perang-padri/amp/
Ayahku, Buya Hamka, GIP
0 komentar: